Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Berbasis Augmented Reality Pada Materi Tata Surya Untuk Meningkatkan Self Efficacy
Abstract
Media pembelajaran flash card berbasis augmented reality dikembangkan sebagai alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran IPA khususnya meteri Tata Surya. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menguji tingkat kelayakan media pembelajaran flash card berbasis augmented reality pada kelas VI UPT SD Negeri Modangan 05 Kabupaten Blitar. Proses pengembangan model ADDIE memiliki 5 tahapan, yaitu analyze (analisis), design (desain), develop (pengemangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan hasil validasi media pembelajaran flash card berbasis augmented reality dari ahli materi IPA sebesar 90%, dari ahli media pembelajaran sebesar 94%, dan dari respon guru mendapatkan hasil 98%. Hasil uji coba produk dari soal pretest dan posttest mendaptkan nilai N-Gain sebesar 0,76. kesimpulan dari penelitian pengembangan ini yaitu layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan self-efficacy



