Pengembangan bahan ajar mengidentifikasi unsur pembangun teks puisi berbasis clil siswa Kelas VIII
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang membantu siswa mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi dengan pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada langkah-langkah Borg and Gall yang disederhanakan menjadi lima tahap: analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk, uji coba, dan revisi produk. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar tergolong layak digunakan. Dari aspek isi materi, ahli materi menilai layak, guru Bahasa Indonesia sangat layak, dan siswa cukup layak. Aspek penyajian dinilai layak oleh ahli dan guru, serta cukup layak oleh siswa. Aspek grafika dinilai sangat layak oleh ahli dan layak oleh guru. Aspek bahasa dinilai sangat layak oleh ahli dan layak oleh siswa. Berdasarkan hasil penilaian dari para ahli, guru, dan siswa, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ini memenuhi kriteria kelayakan dan dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP/MTs. Pendekatan CLIL dalam bahan ajar ini memungkinkan siswa tidak hanya memahami teks puisi secara mendalam, tetapi juga mengembangkan kemampuan bahasa secara terpadu dengan pemahaman konten sastra.