Meningkatkan prestasi belajar sosiologi pokok bahasan masyarakat multikultural melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
Abstract
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan pada hasil penelitian ini, dapat peneliti rumuskan beberapa kesimpulan, diantaranya : 1. Strategi pembelajaran dengan teknik jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Siswa Kelas XI IPS 1 MAN Kota Blitar. Peningkatan prestasi belajar siswa ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh strategi belajar yang diberikan guru. Motivasi belajar yang tinggi cenderung akan mempengaruhi prestasi belajar yang tinggi pula. 2. Bukti peningkatan prestasi belajar siswa dari kegiatan pembelajaran dapat dijabarkan pada hasil kegiatan siklus 4. Berdasarkan pada observasi yang dilakukan pada siklus sebelumnya dan pada siklus 4 didapatkan temuan sebagai berikut: (1) siswa sudah memahami dan siap dalam mempelajari materi yang disampaikan oleh guru, (2) sebagian besar dari siswa, sudah berani menyampaikan pendapat pada saat diskusi kelas berlangsung, dan (3) kegiatan berjalan dengan baik, suasana kelas lebih hidup, sehingga dalam proses pembelajaran terkesan menyenangkan. 3. Teknik Jigsaw salah satu komponen Contexstual Teaching and Learning (CTL). Strategi ini dapat dilakukan pada semua mata pelajaran. 4. Strategi pembelajaran dengan menggunakan teknik Jigsaw dimungkinkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas XI IPS 1 MAN Kota Blitar pada mata pelajaran Sosiologi.



