Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Disleksia
Abstract
Disleksia merupakan suatu kesulitan belajar yang dialami oleh anak berupa dalam hal membaca. Gelaja tersebut tidak disebabkan oleh kemampuan pendengran, penglihatan, intelegensi maupaun keterampilan dalam berbahasa. Penelitian bertujuan untuk mendsikripiskan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak disleksia. Penelitain ini mengunakna pendektan kualitatif dengan jenis penitian studi kasus. Pada pemilihan subjek peneliti menggunakan teknik purposive sampling yakni keluarga yang memiliki anak dengan disleksia. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi . uji data di lakukan dengan mengunakan metode triangulasi. Hasil yang didapat yakni (1) orang tua merupakan kunci dalam meningkatkan motivais belajar pada anak (2) orang tua harus mendampingi dalam proses pembelajaran anak dan pemberian fasiltas belajar pada anak (3) pembentukan lingkungan belajar yang mamgasikan sebagai sarana stimukus untuk meningkatkan motivasi belajar pada anak.

