Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Matematika
Abstract
Keysha Alifa Arfani. 037121056. Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan e-modul interaktif berbasis STEAM pada materi operasi hitung perkalian matematika kelas II SDN Bantarkemang 2. Dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Proses pengembangan dimulai dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis peserta didik, dilanjutkan perancangan desain, pembuatan desain, validasi ahli, dan uji coba kepada peserta didik. Hasil validasi dari ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi menunjukan bahwa produk ini sangat layak digunakan dengan presentase sebesar 95,5%. Pada tahap uji coba sebanyak 25 peserta didik memberikan responden yang baik dengan presentase sebesar 96,6%. Penelitian ini menghasilkan produk e-modul berbantuan book creator, di kelas II SD Negeri Bantarkemang 2 yang terdiri dari 25 peserta didik, penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif berbasis steam (science, technology, engineering, art, and mathematics) pada materi operasi hitung perkalian matematika yang dikembangkan pada penelitian ini terbukti valid, layak digunakan untuk meningkatkan minat dam pemahaman peserta didik.



