Pengembangan Media Buku Saku Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar

  • Hestiningrum Sukoco Putri UNU Blitar
  • Widiarini Widiarini Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Istina Atul Makrifah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Buku Saku, Mind Map, Minat Belajar, Pemahaman Belajar

Abstract

Media dapat digunakan untuk mendorong suksesnya proses pembelajaran.  Berdasarkan  wawancara guru IIE di SDI Ma’arif Garum bahwa penggunaan media kurang maksimal saat pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya minat dan pemahaman belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku saku berbasis mind mapping sebagai peningkatan minat dan pemahaman belajar siswa kelas IIE di SDI Ma’arif Tawangsari Garum. Penelitian ini menggunakan 5 tahapan model ADDIE. Hasil dari penelitian ini meliputi validasi ahli media diperoleh persentase 100% kriteria sangat valid, validasi ahli materi diperoleh persentase 97,5% kriteria sangat valid, validasi ahli bahasa diperoleh persentase 96,4% kriteria sangat valid, respon peningkatan minat belajar siswa sebelum menggunakan media dengan persentase 52,5% kategori cukup minat lalu setelah menggunakan media mendapat 91,5% kategori sangat minat, minat belajar meningkat sebesar 39%. Pada peningkatan pemahaman belajar kelas IIE berkategori mengalami peningkatan tinggi dengan skor N-Gain keseluruhan yaitu 0,82. Jadi pengembangan media buku saku berbasis mind mapping sangat valid serta dapat meningkatkan minat dan pemahaman belajar siswa

Published
2021-09-29