Adaptasi teknologi menjadi tantangan guru sekolah dasar dalam pembelajaran daring
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kendala guru-guru sekolah dasar dalam melaksanakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Pembelajaran daring dijadikan sebagai penyelamat pelaksanaan pembelajaran di masa sulit seperti saat ini. Akan tetapi, penerapan pembelajaran daring juga dimungkinkan menimbulkan berbagai keluhan terutama dari bagi guru-guru sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pedoman analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pembelajaran daring menimbulkan kesulitan bagi guru dalam beberapa hal, antara lain: (1) guru tidak dapat berkoordinasi dengan orang tua; (2) kesulitan dalam mempersiapkan materi dan perangkat pembelajaran; (3) kesulitan dalam menilai siswa; (4) guru merasa dibatasi kreativitas dan produktivitasnya; dan (5) guru tidak mampu mebeli kuota internet.



