Penerapan metode concept sentence untuk meningkatan keterampilan menulis introduction oneself and another pada siswa kelas VII-E semester 1 SMP Negeri 1 Kauman tahun pelajaran 2018/2019

  • Fery Dwi Lestari SMP Negeri 1 Kauman, Indonesia
Keywords: Ketrampilan menulis, Menulis Introduction Oneself and Another, Concept Sentence

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VII-E pada waktu pembelajaran Bahasa Inggris diperoleh hasil bahwa Ketrampilan menulis siswa kurang memuaskan, yaitu dari 38 siswa hanya 10 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 75, sedangkan 20 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang menulis Introduction Oneself and Another tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, metode maupun model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan Ketrampilan menulis siswa dalam menyelesaikan soal tentang Menulis Introduction Oneself and Another serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Metode Concept Sentence. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas VII-E. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (peng-ajar), guru kelas (mitra peniliti) sebagai observer proses pembelajaran Menulis Introduction Oneself and Another. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Metode Concept Sentence untuk meningkatkan Ketrampilan menulis dan mengembangkan kreatif siswa pada materi Menulis Introduction Oneself and Another siswa Kelas VII-E SMP Negeri 1 Kauman mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Ketrampilan menulis siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 63,3 % dan pada siklus II 93,3%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Menulis Introduction Oneself and Another melalui Pendekatan Metode Concept Sentence dapat meningkatkan Ketrampilan menulis siswa dalam menyelesaikan soal Menulis Introduction Oneself and Another Kelas VII-E SMP Negeri 1 Kauman. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan Pendekatan Metode Concept Sentence dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada materi Menulis Introduction Oneself and Another agar Ketrampilan menulis siswa meningkat.

Published
2023-04-02