Kecenderungan Perilaku Narsisme Mahasiswa Terhadap Media Sosial
Abstract
Selama beberapa tahun terakhir, penggunaan internet telah menjadi rutinitas yang semakin populer di banyak negara di dunia termasuk di Indonesia. Penelitian Conney menunjukkan hasil survey agensi marketing We Are Sicial dan Platform Manajemen Media social Hootsuite mengungkap bahwa lebih dari separuh penduduk di Indonesia telah “melek”, artinya aktif menggunakan media social pada Januari 2021. Namun di sisi lain kehadiran media sosial juga telah membuat ruang privat seseorang melebur dengan ruang publik. Media sosial menjadi salah satu penunjang dari perilaku narsisme. Kebutuhan akan aktualisasi diri saat ini menjadi salah satu aspek penting. Terlebih bagi seorang mahasiswa. Mahasiswa perlu aktualisasi diri yang didukung dengan adanya media sosial untuk berekspresi dan menyalurkan hobi atau bakat yang selama ini dimiliki. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan perilaku narsisme mahasiswa terhadap media sosial.

