Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Seni Budaya yang Memuat Musik Populer dalam Bentuk Ansambel dengan Penerapan Metode Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) pada Siswa Kelas IX-A Semester 1 SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung Tahun Pela

  • Slamet Sudarto Budiono SMP Negeri 01 Kalidawir Tulungagung
Keywords: Hasil belajar, Musik Populer dalam bentuk ansambel, Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK)

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX-A. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Musik Populer dalam bentuk ansambel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Musik Populer dalam bentuk ansambel siswa Kelas IX-A  SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 56,7% dan pada siklus II 93,3%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Musik Populer dalam bentuk ansambel melalui Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas IX-A  SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Musik Populer dalam bentuk ansambel. Oleh karena itu guru menggunakan Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dalam pembelajaran Seni Budaya pada materi Musik Populer dalam bentuk ansambel agar Hasil belajar siswa meningkat.

Published
2021-07-29