Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

  • Siti Suwantin SDN Payungrejo Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Teknik Make a Match, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa Kelas III SD Negeri Payungrejo Ketuntasan hasil belajar secara klasikal masih rendah yaitu 65%  mempunyai nilai di bawah KKM (nilai 70). Tujuan penelian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Payungrejo Kecamatan Kutorejo sebanyak 20 siswa. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes hasil belajar dan lembar aktivitas belajar siswa. Setelah dilakukan analisis data, disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I prosentase aktivitas belajar siswa sebesar 55% meningkat menjadi 85% pada siklus II, sedangkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 65% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II. Ini menunjukan peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan. Berdasarkan data–data tersebut pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat digunakan alternative dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

Published
2021-07-28