Teknik Self Management sebagai Alternatif Kepala Sekolah dalam Membina Guru SD dalam Memperbaiki dan Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran dan Melaksanakan Penilaian di SD Negeri 3 Demuk Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung

  • Siti Nafi’ah SD Negeri 3 Demuk Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung
Keywords: Supervisi Akademik, Kinerja Guru, Proses pembelajaran

Abstract

Berbagai permasalahan yang dihadapi guru di dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai agen pembelajaran seperti siswa yang tidak secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran, serta permasalahan lain yang muncul dari pribadi guru seperti kurang berkembangnya wawasan pengetahuan serta memperkaya teori-teori supervisi sehubungan dengan kemampuan guru menyusun RKM dan RKH. Oleh karena itu Kepala Sekolah mengadakan Teknik Self Management terhadap Guru, tentunya hal ini dilakukan untuk meningkatkanan profesionalisme guru serta peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) berupa metode pembelajaran kooperatif Teknik Self Management sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah guru SD Negeri 3 Demuk Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analisis didapaSDan bahwa peningkatan ketuntasan guru dalam memberikan pembelajaran setelah diadakan Teknik Self Management adalah dari pra siklus ke siklus 1 mencapai kenaikan 9% dan dari siklus 1 ke siklus 2 naik mencapai kenakan 18,8%.

Simpulan dari penelitian ini adalah, Teknik Self Management ini tepat dan dapat menyelesaikan masalah perbaikan dan peningkatan kualitas proses pembelajaran dan melaksanakan penilaian khususnya pada Guru SD di SD Negeri 3 Demuk Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung.

Published
2021-12-29