Peningkatan Kinerja Guru dalam Proses Pembelajaran melalui Supervisi Akademik dengan Pelayanan Personal Secara Berkala di SDN 1 Ngenep Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Ari Alfiana SDN 1 Ngenep
Keywords: supervisi akademik, kinerja guru, proses pembelajaran

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di SD Negeri 1 Ngenep Kecamatan karangploso Kabupaten Malang. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah  guru kelas di SD Negeri 1 Ngenep Koordinator wilayah Dinas Pendidikan  Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang dengan jumlah 9 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat  setelah dilakukan tindakan yang berupa Supervisi akademik dengan pelayanan personal secara berkala dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa  Berdasarkan hasil  supervisi edukatif siklus I dan siklus II  kinerja guru meningkat, yakni siklus I Kinerja guru  dalam menyusun rencana pembelajaran siklus I mencapai  73,4 % sedangkan siklus II 88,2 %. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I mencapai 65 % sedangkan siklus II mencapai 89,2  %. Kinerja guru dalam menilai prestasi belajar siklus I mencapai 73,3 % sedangkan siklus II  89,3 %. Kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 68,2 % sedangkan siklus II 59,76 %. Dengan demikian tindakan siklus II rata-rata sudah di atas 86 %.

Published
2021-09-29