Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perbandingan bagi Siswa Kelas VII-E DI SMPN 1 Ngunut Tulungagung Semester 1 Tahun 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian tindakan ini untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran learning cycle pada siswa kelas VII-E DI SMPN 1 Ngunut Tulungagung semester 1 tahun 2019/2020. Penelitian ini dilatarbelaknagi dengan hasil observasi yang menunjukkan bahwa nilai prestasi belajar siswa masih rendah dan dibawah KKM. Oleh karena itu diperlukan pengembangan model pembelajaran dengan inovasi seperti model pembelajaran learning cycle. Penelitian yang digunakan yakni PTK dengan 2 siklus. Data didapatkan dari hasil observasi, nilai siswa dan juga wawancara. Hasil penelitian menunjukkan jika penerapan model pembelajaran learning cycle pada siswa kelas VII-E DI SMPN 1 Ngunut Tulungagung semester 1 tahun 2019/2020 mata pelajaran matematika dengan tema materi perbandingan mengalami peningkatan dari ketuntasan belajar siswa, nilai rata – rata siswa, aktifitas guru dalam mengajar dan aktivitas siswa yang meningkat menjadi sangat baik. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa sebanyak 69,70%, siklus I sebanyak 78,79% dan pada siklus III sebanyak 96,97%. Nilai rata – rata siswa berdasarkan hasil tes sebelum tindakan 68,64, tes siklus I 74,85 dan tes siklus II 85,85. Jumlah 228,34.sehingga rata-rata tes siswa 76,11. Hal tersebut sudah melampau standar yang ditentukan. Ditinjau dari aktivitas guru meningkat dari sebelum tindakan 70,83%, siklus I 72,50%, dan siklus II 87,50%. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari sebelum tindakan 55,00%, siklus I72,50%, dan saat siklus II sebanyak 96,25%.



