Penerapan Cooperative Script Method dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi tentang Kegiatan Ekspor dan Impor pada Siswa Kelas IX-A Semester 1 SMP Negeri 1 Kauman Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Dwi Hariadi SMP Negeri 1 Kauman, Indonesia

Abstract

Hasil observasi pada siswa kelas IX-A mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 1 Kauman Tahun Pelajaran 2019/2020 semester 1 menunjukkan jika hasil belajar siswa masih belum mencapai KKM yakni masih kurang dari 69. Hal ini disebbakan karena pemahaman materi mata pelajaran ekonomi khususnya pada tema kegiatan ekspor dan impor masih rendah. Oleh karena, itu diperlukan inovasi pembvelajaran salah satunya melalui pengembangan metode pembelajaran. Metode yang cukup efektif diapoikasikan yakni cooperative script method. Tujuannya penerapan metode ini diharaokan siswa kelas kelas IX-A Semester 1 SMP Negeri 1 Kauman Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajarnya pada mata pelajaran ekonomi tema kegiatan ekspor dan impor. Metode penelitian yakni PTK. Hasil penelitian menunjukkan jika penerapan pembelajaran kegiatan ekspor dan impor melalui cooperative script method dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-A  SMP Negeri 1 Kauman dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan kegiatan ekspor dan impor. Pada siklus I ketuntasan siswa 72,2% dna pada siklus II sebanyak 88,9%.

Published
2022-06-01