Peningkatkan Hasil Belajar Penjaskes Materi Bola Voli Mini Melalui Metode Drill Variasi Gerak Siswa Kelas IV Semester I Tahun Pelajaran 2021-2022 di SD Negeri 3 Jatiprahu kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek
Abstract
Kenyataan di lapangan pendidikan jasmani yang ada saat ini belum dikelola sebagaimana mestinya, sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, baik dari segi kognitif, motorik, afektif dan fisik.Pembelajaran seringkali tidak sesuai karakteristik anak, sehingga kreativitas kesenangan anak tidak terfikirkan.Hal tersebut membuat pembelajaran yang kurang maksimal sehingga hasil pembelajarannya juga kurang maksimal.Akibatnya anak belum menguasai tehnik bermain bola voli yang benar, merasa takut untuk menerima bola, belum menguasai gerakkan dalam permainan bola voli. Untuk mengatasi permasalahan di atas seorang guru diharapkan bisa menyampaikan menggunakan Metode Drill Variasi gerak dalam bermain bola voli dan memodifikasi dari pembelajaran bola voli yang ada agar anak tidak cepat bosan, sehingga anak bergairah dan dapat termotivasi untuk mengikuti pembelajaran permainan bola voli. Tujuan Penelitian untuk peningkatkan hasil belajar Penjaskes materi Bola Voli Mini melalui Metode Drill Variasi gerak Siswa Kelas IV Semester I Tahun Pelajaran 2021-2022 Di SD Negeri 3 Jatiprahu Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Terjadi peningkatan hasil belajar tiap siklusnya mulai dari Prasiklus 62,50 %, siklus I 25 %, siklus II 100 % atau semua tuntas. Rata-rata pra siklus 68,68 siklus I 76,88, siklus II 81,88. Ketuntasan klasikal pra siklus 43,50 % siklus I 75 %, siklus II 100% yang artinya secara klasikal belajar siswa telah tuntas. Ini menunjukkan bahwa Metode Drill variasi gerak dalam permainan bola voli dapat membantu meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa sehingga hasil belajar meningkat dan mencapai tingkat ketuntasan. Di samping hasil belajar meningkat seluruh siswa juga telah aktif mengikuti pembelajaran, mereka terlihat antusias mengikuti pembelajaran.



