Penerapan Metode Pembelajaran Direct Instructions dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Penjaskes yang Memuat Bulu Tangkis pada Siswa Kelas IX-B Semester 2 SMP Negeri 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Nurhamid Nurhamid SMP Negeri 1 Tulungagung
Keywords: belajar, bulu tangkis, direct instructions

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas IX-G pada waktu pembelajaran Penjaskes diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 31 siswa hanya 7 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 75, sedangkan 24 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Lompat Jauh tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Lompat Jauh serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Drill.

Rumusan masalah penelitian ini: (a) Bagaimana penerapan Metode Drill untuk meningkatkan prestasi belajar Penjaskes yang memuat Lompat Jauh pada Siswa Kelas IX-G SMP Negeri 1 Tulungagung? (b) Apakah penerapan Metode Drill dapat meningkatkan  pemahaman  Siswa pada Penjaskes yang memuat Lompat Jauh Kelas IX-G SMP Negeri 1 Tulungagung? (c) Apakah penerapan Metode Drill dapat meningkatkan prestasi belajar Penjaskes yang memuat Lompat Jauh pada Siswa Kelas IX-G SMP Negeri 1 Tulungagung?

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX-G. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Lompat Jauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Drill untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Lompat Jauh siswa Kelas IX-G  SMP Negeri 1 Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 45,2% dan pada siklus II 87,1%.

Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Lompat Jauh melalui Metode Drill dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas IX-G  SMP Negeri 1 Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Lompat Jauh. Oleh karena itu guru menggunakan Metode Drill dalam pembelajaran Penjaskes pada materi Lompat Jauh agar Hasil belajar siswa meningkat.

Published
2022-06-01