Workshop Silabus dan RPP sebagai Sarana Pendampingan Berkelanjutan Proses Pembelajaran dalam Rangka meningkatkan motivasi dan kinerja Guru SD di Kecamatan Kauman Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan Pendampingan Berkelanjutan Proses Pembelajaran Guru SD di Kecamatan Kauman dalam rangka meningkatkan motivasi dan kinerja Guru melalui Workshop Silabus dan RPP . (2) Meningkatan motivasi dan kinerja Guru Guru SD Di Kecamatan Kauman melalui Workshop Silabus dan RPP (3) Mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan Guru SD Di Kecamatan Kaumandalam rangka meningkatkan motivasi dan kinerja Guru melalui Workshop Silabus dan RPP dengan menggunakan penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sebelum diadakan Workshop Silabus dan RPP guru hanya mendapatkan kategori nilai cukup artinya sebagian belum paham dan termotivasi kinerjanya, setelah diadakan Workshop Silabus dan RPP dua kali pada tanggal 16 Mei dan 27 Mei 2018 terjadi peningkatan dalam pemahaman menyusun dan mengembangkan Silabus dan RPP serta meningkatkan motivasi dan kinerja Guru. Penilaian melalui Rubrik Penilaian silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus 1 yang mendapat kategori cukup, dan hasil penilaian pada siklus kedua mencapai baik, dan (b) aktivitas guru dalam mengikuti Workshop Silabus dan RPP penyusunan, pengembangan Silabus dan RPP yang lengkap dan sistematis serta peningkatan motivasi dan kinerja Guru pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis merekomendasikan kepada Guru Binaan Mata Pelajaran dalam wilayah kepengawasan agar mengoptimalkan perannya sebagai perencana, pengorganisir, dan penilai pembelajaran, penyusunan Silabus dan RPP agar terus dikembangkan dalam MGMP