Peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan 8 ketrampilan dasar mengajar melalui kegiatan micro teaching di SDN 4 Sisomulyo Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek
Abstract
Abstrak: Studi ini berfokus pada kemampuan guru tentang kondisi yang mendorong praktik delapan keterampilan mengajar mereka di sekolah dasar dan tentang bagaimana kondisi ini dapat menginformasikan pengembangan program pendidikan guru untuk pendekatan kegiatan micro teaching. Peneltian ini adalah program penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan kerangka kerja empat langkah PTS meliputi (a) mempelajari dan merencanakan, (b) mengambil tindakan, (c) mengumpulkan dan menganalisis data, dan (d) merefleksikan data. Penelitian ini mengambil subjek penelitian seluruh guru kelas di SDN 4 Sidomulyo Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek pada Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 6 orang guru kelas. Instrumen yang dipergunakan adalah lembar soal dan pengamatan yang memuat sejumlah aspek yang dinilai. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah statistic deskriptif. Hasil dari PTS ini Ketuntasan dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan 16%. Nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan 5 Modus dari siklus I ke siklus II meningkat 10 Nilai terendah dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan 10 Nilai tertinggi dari siklus I ke siklus II tetap. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disampaikan kesimpulan bahwa “Micro Teaching dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan 8 ketrampilan dasar mengajar di SDN 4 Sidomulyo Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek pada semester I tahun pelajaran 2022/2023



