Analisis kebutuhan (need analysis) bahasa inggris untuk mahasiswa PGSD dan PIAUD guna menunjang kesuksesan akademik dan kesiapan kerja

  • Widiarini - Widiarini Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Winda Khoirun Nisak Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Lu’lu’ Lathifatun Nisa Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Fathul Niam Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
Keywords: analisis kebutuhan, bahasa inggris, PGSD, PIAUD

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalis kebutuhan materi pembelajaran Bahasa Inggris mahasiswa PGSD dan PIAUD untuk merancang pembelajaran, yang meliputi beban satuan kredit semester (sks), materi yang diajarkan, aktivitas belajar, dan evaluasi pembelajaran guna mendukung kesuksesan akademik dan kesiapan kerja mahasiswa juga sangat perlu dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa dan para pemangku kepentingan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif dipilih. Data yang dibutuhkan untuk melakukan analisis kebutuhan berupa informasi kekurangan (lacks), keinginan (wants), dan kebutuhan (necessity) mahasiswa dan pemangku kepentingan terkait dengan materi Bahasa Inggris. Data tersebut diperoleh dari 4 sumber: mahasiswa PGSD dan PIAUD, Kaprodi PGSD dan PIAUD, Guru SD dan PAUD/TK, serta buku dan RPS mata kuliah bahasa Inggris Profesi.  Adapun teknik pengumpulan data yang telah digunakan dalam penelitian ini meliputi survei dengan mendistribusikan kuesioner, wawancara terstruktur, dan dokumen analisis. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan analisis kualitatif. Temuan penelitian menyatakan bahwa Bahasa Inggris yang dibutuhkan oleh mahasiswa PGSD dan PIAUD mencakup bahasa Inggris untuk keperluan akademik (EAP) dan bahasa Inggris untuk bekerja (EOP). EAP sudah terpenuhi melalui mata kuliah Bahasa inggris Profesi, sedangkan EOP perlu dipenuhi dengan menambah mata kuliah bahasa Inggris dengan beban belajar 2 sks.

Published
2023-12-20