Refleksi mahasiswa dalam pembelajaran linguistik terapan: Analisis tematik terhadap narasi pembelajar EFL
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi narasi reflektif mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris (EFL) yang mengikuti mata kuliah Linguistik Terapan untuk mengetahui persepsi, pengalaman belajar, dan pemahaman konseptual mereka. Dengan menggunakan analisis tematik Braun dan Clarke, dua belas esai mahasiswa dianalisis untuk mengidentifikasi tema-tema utama. Lima tema utama ditemukan: perubahan persepsi terhadap linguistik terapan, internalisasi konsep linguistik inti, penerapan teori dalam konteks nyata, perkembangan identitas profesional, serta saran untuk perbaikan pedagogis. Temuan menunjukkan bahwa penulisan reflektif mendukung keterlibatan kognitif, pertumbuhan emosional, dan transfer pengetahuan teoretis ke dalam praktik pengajaran. Mahasiswa tidak hanya menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap topik kompleks seperti SLA, interlanguage, dan pragmatik, tetapi juga mampu menjelaskan bagaimana wawasan tersebut memengaruhi keyakinan dan strategi mengajar mereka. Studi ini menekankan pentingnya pedagogi reflektif dalam membangun agensi guru dan merekomendasikan refleksi sebagai alat transformatif dalam pendidikan linguistik.



