Communication strategies yang digunakan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris pada program magang kependidikan

  • Winda Khoirun Nisak Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Widi Arini Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Nurul Izza Maulida
Keywords: Bahasa Inggris; Commucation Strategies; Mahasiswa praktik; Magang kependidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penggunaan Communication Strategies (CSs) oleh mahasiswa bahasa Inggris sebagai guru praktik dalam kontek kelas.Metode penelitian kualitatif jenis dokumen analisis untuk mencapai tujuan tersebut. Dokumen yang dianalisis pada berupa video lesson study mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris yang mengikuti program magang pendidikan tahun 2022. Data diperoleh melalui: 1) pemilihan video guru model lesson study pada sekolah tempat magang kependidikan yang akan dianalisis, 2) guru model bersama tim melihat video lesson study, 3) guru model bersama tim melakukan group reflection dan menganalisis penggunaan communication strategies berdasarkan daftar jenis-jenis communication strategies dan mengisi contoh kutipannya, 4) tim bertanya kepada guru model tentang alasan penggunaan strategi tersebut. Proses analisis data yang digunakandengantigaalurkegiatan yang terjadisecarabersamaanyaitu: Condensation data, Display data, dan Conclusion: Drawing/Verifying. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat 16 (enam belas) macam CSs yang digunakan oleh mahasiswa pendidikan bahasa Inggris pada program magang pendidikan dalam komunikasi dikelas, yaitu communicative strategies tersebut meliputi Message abandonment, Message reduction, Message replacement, Approximation, Restructuring, Literal translation, Code-switching, Omission, Self-repair, Other-repair, Comprehension-check, Asking for repetition, Asking for clarification, Expressing nonunderstanding, Interpretativesummary, dan Repetitions.

Published
2023-08-10