Strategi Metakognitif dalam Konteks Berpikir Aras Tinggi pada Materi Anekdot
Abstract
Melihat pada era globalisasi saat ini yang ditandai oleh persaingan antar negara dalam berbagai aspek, salah satunya persaingan kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia menjadi salah satu penentu daya saing antar bangsa. Hal seperti ini, yang menjadi cambuk untuk bidang pendidikan di Indonesia harus berbenah untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kurikulum 2013 telah disahkan pemerintah dan harus dibarengi dengan implementasi. Implementasi menjadi salah satu bagian penting dari sebuah pengembangan. Pengembangan menjadi sangatlah penting dilakukan untuk melihat kemampuan sumber daya manusia (peserta didik) dalam berpikir logis dan rasional yang masih rendah dibanding negara lain. Inilah yang menjadi salah satu dasar perubahan kurikulum. Maka dari itu, untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, pendidik dituntut kreatif dan inovatif dan tepat dalam memilih dan menggunakan strategi pembelajaran serta model pembelajaran yang mendukung. Sehingga strategi metakognitif dalam konteks berpikir kritis dipilih dan dianggap mampu menjadi model pembelajaran yang mendukung kurikulum 2013 untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik.



