Pengembangan Mosbee (Monopoli Sumber dan Bentuk Energi) Materi Sumber dan Bentuk Energi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas III UPT SDN Banggle 02 Kabupaten Blitar

  • Rizki Lia Utami UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA BLITAR
  • Fathul Niam Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Siti Rofi'ah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Mosbee, Motivasi, Keaktifan

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana pendukung tercapainyatujuanpembelajaran.HasilwawancarapadagurukelasIIIUPTSDNBanggle 02Kabupaten Blitar ditemukan permasalahan: 1) Pembelajarandaring yang dinilai membosankan, 2) Motivasi belajar siswa kelas III yangkurang, 3) Guru jarang menggunakan media yang menarik, 4) Siswa tidakaktif,5)Tidakadavariasimedia.Haliniberdampakpadarendahnyamotivasidankeaktifansiswasehinggamempengaruhihasilbelajarnya.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranMosbeesebagaipeningkatanmotivasidankeaktifanbelajarsiswa.Penelitian ini menggunakan 5 tahapan model ADDIE yaitu analisis, desain,pengembangan,implementasi,danevaluasi.Pengumpulandatamenggunakanangketahlimedia,angketahlimateri,angketsiswa,danangketguru.Hasilpenelitianinimeliputivalidasiahlimediadiperolehpersentase82,69%dengankriteriavalid,validasiahlimateridiperolehpersentase 90% dengan kriteria sangat valid,keefektifan media oleh gurudiperoleh persentase sebesar 85% yang termasuk kategori sangat efektif.MediaMosbeedikatakandapatmeningkatkanmotivasidankeaktifanbelajarsiswadenganskorpeningkatanmotivasisebesar39,5%dankeaktifansebesar41%dengankategorisedang.JadipengembanganMosbeevaliddanefektif,dapatdigunakansertadapatmeningkatkanmotivasidan keaktifan belajarsiswa.

Media pembelajaran merupakan sarana pendukung tercapainyatujuanpembelajaran.HasilwawancarapadagurukelasIIIUPTSDNBanggle 02Kabupaten Blitar ditemukan permasalahan: 1) Pembelajarandaring yang dinilai membosankan, 2) Motivasi belajar siswa kelas III yangkurang, 3) Guru jarang menggunakan media yang menarik, 4) Siswa tidakaktif,5)Tidakadavariasimedia.Haliniberdampakpadarendahnyamotivasidankeaktifansiswasehinggamempengaruhihasilbelajarnya.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranMosbeesebagaipeningkatanmotivasidankeaktifanbelajarsiswa.Penelitian ini menggunakan 5 tahapan model ADDIE yaitu analisis, desain,pengembangan,implementasi,danevaluasi.Pengumpulandatamenggunakanangketahlimedia,angketahlimateri,angketsiswa,danangketguru.Hasilpenelitianinimeliputivalidasiahlimediadiperolehpersentase82,69%dengankriteriavalid,validasiahlimateridiperolehpersentase 90% dengan kriteria sangat valid,keefektifan media oleh gurudiperoleh persentase sebesar 85% yang termasuk kategori sangat efektif.MediaMosbeedikatakandapatmeningkatkanmotivasidankeaktifanbelajarsiswadenganskorpeningkatanmotivasisebesar39,5%dankeaktifansebesar41%dengankategorisedang.JadipengembanganMosbeevaliddanefektif,dapatdigunakansertadapatmeningkatkanmotivasidan keaktifan belajarsiswa.

Published
2021-12-30