Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa Kelas VIII A SMP 10 November Sidoarjo
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa kelas VIII A SMP 10 November Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII A di SMP 10 November Sidoarjo. Hasil penelitian ini yaitu Upaya mengatasi perilaku indisipliner dengan mengarahkan siswa tidak hanya dilakukan oleh pihak guru saja, tetapi dari seluruh pihak di sekolah agar siswa mengerti betapa pentingnya sikap disiplin agar menjadi kebiasaan yang baik untuk siswa di luar sekolah. Upaya lain dalam mengatasi sikap indisipliner siswa harus digabungkan dengan nilai-nilai agama nya agar sikap yang buruk tersebut bisa dihadapi dengan perasaan yang sabar, tabah, dan penuh kesyukuran agar tergetak hati yang melakukan tindakan akhlak tercela tersebut. Upaya pengawasan tindakan indisipliner tidak hanya tugas guru dikelas tetapi juga diluar kelas kegiatan atau perilaku indisipliner patut di kontrol agar siswa tetap berperilaku yang baik dan mempunyai akhlak yang baik karena lingkunganlah yang menjadi pandangan dari masyarakat luar.

