Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP Berbasis Karakter Melalui Pembimbingan Berkelanjutan (BinJut)

  • Suginah Suginah Sekolah Dasar Negeri Wilangan Kecamatan Sambit Kab. Ponorogo
Keywords: Kompetensi, RPP, BinJut

Abstract

Satu diantara tugas guru yang mendesaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Oleh karenanya sudah selayaknya RPP disusun oleh guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran.Kenyataan di lapangan memberikan indikasi banyaknya  guru yang melakukan plagiat  dalam  menyusun RPP bahkan ada yang secara terus terang melakukan fotocopy RPP yang ada. Hal ini semata-mata dilakukan guru  hanya ingin mencukupi tuntutan administrasi kelas, walaupun  mereka mengetahui bahwa RPP yang digunakan tidak sesuai  bagi peserta didiknya. Hal ini didukung adanya data yang diperleh peneliti dari observasi awal,  80% semua guru di SDN Wilangan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo menggunakan RPP yang bukan buatan sendiri, dan 90% dari RPP yang digunakan belum bermuatan  pendidikan karakter.  Hal ini merupakan masalah yang urgen untuk segera dipecahkan agar tidak berdampak fatal. Solusi yang dipilih Pembimbingan Berkelanjutan (BINJUT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data dikumpulkan dengan instrumen observasi, wawancara, angket, dan jurnal. Tujuannya: 1).Mendiskripsikan penerapan BINJUT dalam upaya meningkatkan kompetensi Guru dalam menyusun 2) Mendiskripsikan peningkatan kompetensi menyusun RPP pada Guru SDN Wilangan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020.setelah mengikuti BINJUT.  Hasilnya menunujukkan peningkatan mean skor dalam setiap siklusnya, yakni  siklus I memperoleh 64; Siklus II menjadi 74., Siklus III meningkat menjadi 81,6 , sehingga dapat disimpulkan bahwa BINJUT efektif untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP bermuatan Karakter.

Published
2021-07-28