Pengembangan Media Permainan Edukatif Karambol pada Materi Perumusan Pancasila untuk Meningkatkan Karakter Gotong Royong Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

  • Cindya Alfi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Siti Murtaslimah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Mohamad Fatih Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Permainan Karambol, Perumusan Pancasila, Gotong Royong

Abstract

Media pembelajaran merupakan benda atau alat yang digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik yang ditangkap melalui alat indera dengan tujuan untuk mencapai pembelajaran. Sehingga, media sangat perlu digunakan dalam membantu penyampaian materi dalam proses pembelajaran. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran berlangsung, guru menjadi sumber belajar utama dengan cara ceramah. Siswa-siswi lebih banyak belajar secara individu. Pembelajaran di kelas pada siswa kelas IV SDI Ma’arif Tawangsari Garum hendaknya tidak hanya berfokus individual namun juga harus kelompok. Media permainan edukarif karambol dikembangkan sebagai alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran PKN khususnya materi perumusan pancasila. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menguji tingkat kevalidan, kelayakan, dan peningkatan karakter gotong royong siswa kelas IV SDI Ma’rif Tawangsari Garum. Penelitian dan pengembangan ini mengambil model penelitian dari sugiyono (2016) yaitu ADDIE yang terdiridari 1) analysis, 2) design, 3) development,4) implementation, 5) evaluation. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan hasil media permainan karambol dari ahli media pembelajaran sebesar 92,5%, dari ahli materi sebesar 95%, dan hasil uji coba dari angket respon siswa sebesar 85%.

Published
2024-07-31