Pemanfaatan E-Library Sebagai Media literasi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan E-Library sebagai media literasi dalam kegiatan belajar mengajar pada mata kuliah Pendidikan Pancasila. Metode yang digunakan adalah desain eksperimen dengan pretest-posttest pada dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan E-Library dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam literasi informasi setelah menggunakan E-Library, dengan p-value 0,000, sedangkan kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan yang signifikan. Persepsi mahasiswa terhadap E-Library sangat positif, mereka merasa lebih termotivasi dan lebih mudah memahami materi Pancasila. Penelitian ini menyimpulkan bahwa E-Library dapat meningkatkan literasi informasi mahasiswa dan mendukung pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif dalam mata kuliah Pendidikan Pancasila.