Peningkatan Hasil Belajar IPA Sub Tema Hewan Sahabatku Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Decision Making Dengan Pendekatan Scientific
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas VI SDN Banjarejo 1 Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivitas guru siklus I tercapai 70,37% dengan kategori baik (B) pada siklus II meningkat menjadi 92,59% dengan kategori sangan baik (A). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran siklus I rata-ratanya 66,67% dengan kategori baik (B) pada siklus II meningkat menjadi 91,67% dengan kategori sangat baik (A). Sedangkan hasil belajar siklus I nilai rata-rata 74,58, pada siklus II meningkat menjadi 84,17. Ketuntasan belajar siklus I hanya ada 8 peserta didik (66,67%), meningkat pada siklus II menjadi 11 peserta didik (91,67%, tinggal 1 peserta didik (8,33%) dinyatakan tidak tuntas.




