Penerapan Metode Role Playing Dengan Pendekatan Scientific Meningkatkan Hasil Belajar Berbicara Bahasa Inggris

  • Surip Surip SMP Negeri 1 Tarokan
Keywords: role playing, scientific, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan Metode Role Playing dengan pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar Berbicara Bahasa Inggris. 2) Mendeskripsikan penerapan Metode Role Playing dengan pendekatan Scientific. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I tercapai 74,07% kualifikasi Baik (B), pada siklus II meningkat menjadi 88,89% dengan kualifikasi Sangat Baik (A)  (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus I tercapai 67,71% kualifikasi Baik (B), pada siklus II meningkat menjadi 90,63% termasuk dalam kualifikasi Sangat Baik (A); (3) Peningkatan hasil belajar siklus I dengan nilai rata-rata 73,53 pada siklus II menjadi 83,91. Sedangkan ketuntasan belajar siklus I ada 23 siswa (71,88%) yang dinyatakan tuntas, pada siklus II meningkat menjadi 30 siswa (93,75%) sedangkan 9 siswa (28,12%) tidak tuntas pada siklus I terjadi peningkatan pada siklus II tinggal 2 siswa (6,25%). Simpulan penelitian ini adalah melalui Metode Role Playing dengan pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris aspek Berbicara pada siswa kelas VII-B UPTD SMP Negeri 1 Tarokan Kabupaten Kediri.

Published
2021-07-02