Implementasi Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila di SMP Islam Baabussalaam
Abstract
Profil Pelajar Pancasila merupakan program yang di buat oleh kemdikbud untuk memperkuat pendidikan karakter di indoesia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1). mengetahui bagaimana implementasi Profil Pelajar Pancasila, 2). mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi Profil Pelajar Pancasila. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan desain penelitian.. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan subjek siswa kelas 7 SMP Islam Baabussalaam. Sebanyak 7 siswa laku-laki dan 6 siswi perempuan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan karakter dan kompetensi skill peserta didik disatuan pendidikan sesuai dengan 6 karakter Pofil pelajar Pancasila sebagai berikut: Beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berahlak mulia, berkhebinekaan global, gontong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis.




