Dampak Adanya Kebijakan Bimbingan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Siswa

  • Sukma Ayu Fadhila Ardianing IAIN KEDIRI
  • Aning Lumiati Universitas Negeri Surabaya
  • Ainur Rifqi Universitas Negeri Surabaya
  • Ainur Rifqi Universitas Negeri Surabaya
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: kebijakan, bimbingan orang tua, motivasi belajar, prestasi siswa, keterlibatan keluarga.

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh kebijakan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar dan prestasi siswa.  Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak, dengan harapan dapat mendorong motivasi belajar dan meningkatkan prestasi akademik siswa.  Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research) melalui pendekatan kualitatif. Penelitian ini menganalisis berbagai faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kebijakan tersebut, serta dampaknya terhadap siswa.  Hasil analisis menunjukkan bahwa keterlibatan aktif orang tua dalam pendidikan anak dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi akademik siswa.  Namun, terdapat tantangan dalam implementasi kebijakan ini, seperti keterbatasan waktu dan pengetahuan orang tua, serta kurangnya komunikasi antara sekolah dan keluarga. Penelitian ini membahas pengaruh kebijakan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar dan prestasi siswa.  Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak, dengan harapan dapat mendorong motivasi belajar dan meningkatkan prestasi akademik siswa.  Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research) melalui pendekatan kualitatif. Penelitian ini menganalisis berbagai faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kebijakan tersebut, serta dampaknya terhadap siswa.  Hasil analisis menunjukkan bahwa keterlibatan aktif orang tua dalam pendidikan anak dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi akademik siswa.  Namun, terdapat tantangan dalam implementasi kebijakan ini, seperti keterbatasan waktu dan pengetahuan orang tua, serta kurangnya komunikasi antara sekolah dan keluarga. 

Published
2025-04-30