Navigating Local Wisdom and National Language Policy: A Case Study of Classroom Interaction Dynamics

  • Lira Anggun Nurdian Sari Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Ragil Tri Oktaviani Tri Oktaviani
Keywords: Media Pembelajaran, Refleksi, Sekolah Dasar, TikTok, Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan TikTok sebagai                 media refleksi dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok dapat meningkatkan minat belajar, keterlibatan, dan pemahaman siswa melalui penyajian materi yang singkat dan menarik. Meskipun terdapat kendala seperti kurangnya fokus siswa karena distraksi konten lain, guru tetap mampu mengelola penggunaan aplikasi secara edukatif. TikTok terbukti efektif sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik digital native siswa.

Published
2025-07-31