Implikasi Model Artikulasi sebagai Langkah Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Jawa yang Memuat Sandiwara pada Siswa Kelas IX-D Semester 2 SMP Negeri 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Enik Sri Wahyuni SMP Negeri 04 Tulungagung
Keywords: Hasil belajar, Sandiwara, Model Artikulasi

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX-D. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Sandiwara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Artikulasi untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Sandiwara siswa Kelas IX-D  SMP Negeri 4 Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 63,6% dan pada siklus II 86,4%.

Published
2021-07-29