Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Reproduksi Pada Manusia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction

  • Eny Khurniyati Alawiyin UPTD SMP Negeri 3 Grogol Kab. Kediri
Keywords: Problem Based Instruction, Hasil Belajar Peningkatan

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA Materi Sistem Reproduksi pada Manusia melalui model Poblem Based Instruction (PBI). 2) Mendeskripsikan pelaksanaan model Poblem Based Instruction (PBI). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX-A UPTD SMP Negeri 3 Grogol Kediri, mulai tanggal 14 Januari 2019 sampai dengan 20 Maret 2019 dengan subyek 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata 74,84 pada siklus II menjadi 62,42. Ketuntasan belajar pada siklus I ada 21 siswa (67,74%) tidak tuntas 10 siswa (32.26%), pada siklus II menjadi 29 siswa (92,86%) tidak tuntas 2 (6,45%). Sedangkan aktivitas guru siklus I 66,67 % dengan kategori cukup (C) pada siklus II menjadi 91,67% dengan kategori sangat baik (SB). Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa siklus I 60,78% kategori cukup (C) pada siklus II meningkat menjadi 85,00% dengan kategori sangat baik (SB).Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil simpulan bahwa penerapan model Poblem Based Instruction dalam pembelajaran IPA materi Sistem Reproduksi Pada Manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-A UPTD SMP Negeri 3 Grogol Kediri. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai keefektifan penerapan model Poblem Based Instruction dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi yang lain.

Published
2021-10-28