Meningkatkan Kemampuan Merawat Tanaman Hias Bunga Potong melalui Metode Inquiry Learning

  • Rita Yunita SMK Negeri 1 Pusakanagara Kabupaten Subang, Indonesia
Keywords: penelitian tindakan kelas, inquiry learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan kemampuan siswa dalam merawat tanaman hias bunga potong melalui metode inquiry learning. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode inquiry learning. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam hal merawat tanaman hias bunga potong di kelas XII ATPH SMK Negeri 1 Pusakanagara Kabupaten Subang membuktikan adanya kemajuan yang maksimal sehingga permasalahan pembelajaran ATPH terpecahkan dengan memperlihatkan hasil yang baik, dengan pendekatan metode inquiry learning. Solusi yang sesuai dan tepat yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadikan perubahan yang drastis dimana siswa menjadi aktif, kreatif dan kritis dalam mengikuti materi pembelajaran tentang merawat tanaman hias bunga potong telah memperlihatkan kenaikan yang signifikan dari 35,71% di Siklus I dan meningkat menjadi 100% di Siklus II. Maka metode inquiry learning menjadi metode unggulan di dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini. Sehingga tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk siswa kelas XII ATPH menjadi terpenuhi dan terlihat jelas hasil perubahannya.

Published
2023-09-20