Penerapan Metode Inquiry Based learning dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Tentang Bahan Kimia Rumah Tangga Pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Pakel

  • Sunarti Sunarti SMP Negeri 2 Pakel
Keywords: Akademik, Kinerja Guru, Proses Pembelajaran

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di SMP Negeri 2 Pakel Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah  seluruh siswa Kelas VIII-B Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakel tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 21 siswa putra dan 14 siswa putri. Observer terdiri atas dua orang Guru yaitu, Ibu Dra. Sunarti, M. Pd dan Ibu Reni Kriswanti, S. Pd yang membantu peneliti dalam merekam proses pembelajaran dengan instrument yang dipilih. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menerapkan metode Inquiry Based learning dalam pembelajaran Biologi pada siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Pakel tahun 2018/2019 ini, dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut : Penerapan metode Inquiry Based learning dapat meningkatkan Prestasi Belajar Biologi siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Pakel. Hal ini dilihat dari prosentase kenaikan nilai Biologi siswa Kelas VIII-B dari pra siklus, siklus I sampai Siklus II. Pada pra siklus, siswa yang mendapat nilai minimal 70 ada 11 siswa atau 31,4%, pada siklus I siswa yang mendapat nilai minimal 70 ada 20 siswa atau 57,1%, pada siklus II siswa yang mendapat nilai minimal 70 ada 33 siswa atau 94,3% dari 35 siswa. Dari pra siklus kemudian dilaksanakan siklus I prestasi siswa mengalami prosentase kenaikan 25,7%. Dan dari siklus I kemudian dilaksanakan siklus II prestasi siswa mengalami prosentase kenaikan 37,1%.

Published
2021-09-30