Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar

  • Naini Rosyidah Universitas nahdlatul ulama
  • Suci Dwi Indah Sari
  • Nina Ulfa Nur Rohmah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Fernadiksa Rasta Putra Pratama Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Disiplin, Karakter, Merdeka Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mewujudkan implementasi kurikulum belajar mandiri dalam pembentukan karakter disiplin siswa di sekolah dasar. Artikel ini menggunakan metode studi pustaka, yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan sumber data kepustakaan yang terkait dengan suatu topik dan bertujuan untuk menjelaskan suatu isi pokok sesuai dengan hasil yang telah diperoleh. Pembahasan terkait penerapan kurikulum belajar mandiri terhadap pembentukan karakter disiplin siswa akan disajikan dalam suatu desain penelitian yang menekankan pembahasan terkait penerapan kurikulum belajar mandiri terhadap pembentukan karakter siswa. Berbagai kajian pustaka yang relevan dari penelitian sebelumnya telah disertakan dan dikaji sebagai sumber penulisan penelitian ini. Dalam proses pembelajaran kurikulum belajar mandiri yang dilakukan secara bertahap atau berkesinambungan mampu meningkatkan dan membentuk karakter disiplin siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas pengembangan pengetahuan yang telah diberikan tepat waktu sehingga kegiatan pembelajaran dapat terlaksana secara aktif dan efisien. Selain itu, pengembangan pengetahuan siswa di kelas dalam Kurikulum Merdeka harus didukung oleh berbagai pihak, salah satunya yang sangat penting yaitu peran guru yang dapat mendorong keterampilan berpikir dan membentuk karakter mereka menjadi lebih baik. Kata Kunci: Merdeka Belajar Karakter Disiplin Sekolah Dasar.

Published
2024-06-30