Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

  • Luluk Ilmiyah Universitas Nahdlatul Ulama' Blitar
  • Indah Nur Auliah Universitas Nahdlatul Ulama' Blitar
  • Riski Amelia Andrianti Universitas Nahdlatul Ulama' Blitar
  • Fernadiksa Rasta Putra Pratama Universitas Nahdlatul Ulama' Blitar
Keywords: gaya belajar, motivasi belajar, hasil belajar bahasa indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Ularan Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan jumlah populasi sekaligus sampel

37 orang. Metode pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen dan instrumen kuesioner gaya belajar dan motivasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap, yaitu dengan analisis statistik deskriptif

 

Tersedia online di https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm

Sejarah artikel

Diterima pada:

Disetuji pada: Dipublikasikan pada:

Kata kunci: (gaya belajar, motivasi

belajar, hasil belajar Bahasa

Indonesia)


dan analisis statistik inferensial melalui uji-regresi sederhana dan uji-regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Gaya belajar berkontribusi sebesar 47,3% terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, 2) Motivasi belajar berkontribusi sebesar 45,3% terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, 3) Gaya belajar dan motivasi belajar berkontribusi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia dengan kontribusi sebesar 62,8%. Adanya kontribusi gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia menunjukkan gaya belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Ularan Kecamatan Seririt, Tahun Pelajaran 2017/2018.

Published
2025-03-31