Evaluasi Program Kepemimpinan di Sekolah Dasar Berdasarkan Model Kirkpatrick

  • Lia Eviyanti UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Fauzi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Nana Surya Permana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Encep Syarifudin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Rijal Firdaos UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Keywords: Evaluasi Program, Kepemimpinan, Sekolah Dasar

Abstract

Penggunaan gadget di kalangan anak semakin meningkat dan menimbulkan berbagai dampak negatif, seperti kurangnya interaksi sosial dan melemahnya moral. Program kepemimpinan di sekolah dasar berbasis nilai keislaman adalah salah satu program yang membentuk karakter dan jiwa kepemimpinan siswa sejak dini. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas program kepemimpinan di sekolah dasar dengan menggunakan model Kirkpatrick. Metode penelitian menggunakan mixed method melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan dan keterampilan, perubahan perilaku yang nyata, serta terbentuknya karakter kepemimpinan. Secara keseluruhan, program dinilai efektif meskipun masih terdapat kendala teknis dalam pelaksanaan.

Published
2025-09-30