Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) untuk Meningkatkan Keaktifan Guru dalam Inovasi Pembelajaran di SD Negeri 1 Girimoyo Kabupaten Malang Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Di sekolah kepala sekolah merupakan figur yang menjadi kunci kemajuan dan keberhasilan sekolah. Peran kepala sekolah sangat diperlukan dalam meningkatkan akuntabilitis keberhasilan siswa dan program yang diterapkan. Selain itu faktor kepemimpinan kepala sekolah juga menentukan keberhasilan pelaksanaan MBS. Peran kepala sekolah memili peranan yang paling besar, karena tipe dan gaya kepemimpinan yang digunakan akan mewarnai suasana kerja di sekolah. Dalam Penerapan kepemimpinan MBS ini, didapati pengaruh yang positif terhadap keaktifan guru dalam berinovasi dalam kegiatan belajar mengajar, Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pada tiap siklusnya, siklus I sebesar 64% dan siklus II sebesar 88%, memperlihatkan keberhasilan Kepala Sekolah dalam menerapkan kepemimpinan pada program MBS.