Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter Dan Multikultural

  • Reva Agustin universitas nahdlatul ulama blitar
  • Anis Fitriyah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Fanneda Krisandya Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Siti Rukayyaeh Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Fernandiksa Rasta Putra Pratama Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Evaluasi pembelajaran, Pendidikan karakter, Multikultura

Abstract

Evaluasi pembelajaran adalah konsep menyeluruh yang bergantung pada evaluasi pembelajaran, pengukuran, dan penilaian untuk membuat suatu keputusan atau penilaian yang komposit. Di Sekolah Dasar, pendidikan karakter dan evaluasi pembelajaran multikultural disesuaikan dengan pendidikan karakter serta tingkat berpikir anak-anak di sekolah dasar, di mana mereka masih berada pada tahap awal pemahaman abstrak secara multikultural. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada komunitas sekolah, yang mencakup pengetahuan, kesadaran atau kehendak, dan tindakan untuk menerapkan nilai-nilai tersebut, baik kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, orang lain, lingkungan, maupun bangsa, sehingga manusia dapat menjadi manusia yang sempurna. Sementara itu, pendidikan multikultural memang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari semua jenjang pendidikan. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai multikultural secara ideal diterapkan dalam semua mata pelajaran di pendidikan formal.

Published
2025-03-31