Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Subtema Tugasku Sehari-Hari di Rumah Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas II SD Negeri 3 Baron Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Metode yang peneliti gunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah model kurt lewin yang didalamnya terdapat 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas II SD Negeri 3 Baron Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 29 siswa. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 72,52, dan meningkat menjadi 90,32 pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 70,83, dan meningkat menjadi 91,7 pada siklus II. 2) Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia pada pra siklus sebesar 63,97 dengan prosentase 48,28%, pada siklus I menjadi 71,21 dengan prosentase 68,97%, dan meningkat menjadi 75,07, dengan prosentase 82,76% pada siklus II. Pada mata pelajaran matematika juga mengalami peningkatan yakni pada pra siklus sebesar 62,59, dengan prosentase 44,83%, pada siklus I menjadi 69,14 dengan prosentase 58,62%, dan meningkat menjadi 76,03, dengan prosentase 86,21% Pada siklus II.



