Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Small Scale Chemistry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Asam Basa Kelas X1 IPA di SMAN 1 Talun
Abstract
Mata pelajaran kimia masih diangap sulit oleh sebagian siswa, karena siswa dituntut mempunyai kemampuan berfikir abstrak dan materi kimia berkaitan antara konsep satu dengan konsep yang lainnya. oleh karena itu pembelajaran akan berhasil jika siswa siswa ikut terlibat aktif dalam proses belajar sehingga siswa tidak hanya menerima konsep dari guru tetapi ikut serta dalam menemukan konsep melalui pembelajaran dengan metode Discovey learning. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah penerapan pembelajaran dengan model Discovery learning dengan media Small Scalle Chemistry pada materi asam–basa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran kimia kelas XI IPA . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA- 3 semester genap dengan jumlah 36 siswa. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa ada peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia pada materi asam basa dengan menerapkan model Discovery learning yang menggunakan media small scale chemistry. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang tuntas, siklus I adalah 69,4%, dan siklus II adalah 86%. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 77 % dan siklus II adalah 79 %. Dan rata-rata aktivitas guru pada siklus I adalah 77.7 % sedangkan siklus II adalah 81.9 %.



