Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Small Scale Chemistry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Asam Basa Kelas X1 IPA di SMAN 1 Talun

  • Istiqomah Istiqomah SMAN 1 Talun Blitar
Keywords: student well being, kompetensi guru, berdiferensiasi

Abstract

Mata pelajaran kimia masih diangap sulit oleh sebagian siswa, karena siswa  dituntut mempunyai kemampuan berfikir abstrak dan materi kimia berkaitan antara konsep satu dengan konsep yang lainnya. oleh karena itu pembelajaran akan berhasil jika siswa siswa ikut terlibat aktif dalam proses belajar  sehingga siswa tidak hanya menerima konsep dari guru tetapi  ikut serta dalam menemukan konsep melalui pembelajaran dengan   metode Discovey learning. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah penerapan pembelajaran  dengan model Discovery learning dengan media Small Scalle Chemistry pada materi asam–basa  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran kimia kelas XI IPA . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA- 3 semester genap dengan jumlah 36 siswa.  Penelitian ini mendapatkan hasil  bahwa ada peningkatan  aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam  pembelajaran  kimia pada materi asam basa dengan menerapkan model Discovery learning  yang menggunakan media  small scale  chemistry. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar  siswa yang tuntas, siklus I adalah 69,4%, dan siklus II adalah 86%. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 77 % dan siklus II adalah 79 %. Dan rata-rata aktivitas guru pada siklus I adalah  77.7 % sedangkan siklus II adalah  81.9 %.

Published
2023-03-31