Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN Besuk Kidul Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Mursyidi Mursyidi SDN Besuk Kidul Kecamatan Besuk 1, Indonesia

Abstract

Mind Mapping menjadi salah satu solusi yang ditawarkan guna mengatasi rendahnya nilai dan ketuntasan siswa kelas V SDN Besuk Kidul Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 pada pelajaran IPA. Penelitian ini melibatkan 32 siswa. Penelitian mengguakan PTK. Tujuan dari penelitian ini guna melihat trend peningkatan konsentrasi dan hasil belajar IPA siswa. Hasil penelitian dapat dilihat jika penerapan metode mind mapping ini dapat meningkatkankan konsentrasi dan juga hasil belajar IPA siswa. Pada siklus I aspek hasil belajar siswa yang dilihat dari siswa yang tuntas sebanyak 68,7%, pada siklus II siswa yang tutas mengalami peningkatan sehingga menjadi 100%. Hal ini sangat jauh berbeda pada saat sebelum tindakan diketahui jika siswa yang tutas hanya sebanyak 40%. Pada aspek konsentrasi pada saat sebelum tindakan konsentrasi siswa mencapai 21,9%, siklus I menjadi 46,9% dan pada siklus II konsentrasi siswa menjadi 100%.

Published
2022-12-31