Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Pelatihan oleh Pengawas di SMK Islam Penanggungan dan SMK Bhakti Indonesia Medika

  • Nur Jannah Pengawas SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto, Indonesia
Keywords: kompetensi guru, profesional, supervisi

Abstract

Guru harus mampu membuat rencana pelajaran langsung dengan cara yang mendorong pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, dan menarik. Guru di SMK Islam Penanggungan dan SMK Bhakti Indonesia Medika sebaliknya telah melakukan pengamatan awal, dan akibatnya Modul Pengajaran Kurikulum Mandiri tidak berjalan seperti yang diharapkan. SMK Indonesia Medika Bhakti Kunjungi SMK Islam Penanggungan dan SMK Bhakti Medika Indonesia baik online maupun offline untuk melakukan riset. Studi berlangsung pada tahun 2022 antara Juli dan Agustus. Sebanyak 48 guru dari SMK Islam Penanggungan dan SMK Bhakti Medika Indonesia berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian Tindakan Sekolah merupakan salah satu jenis refleksi diri yang dilakukan oleh para pelaku pendidikan di lingkungan pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan, pemahaman praktik tersebut, dan kondisi pelaksanaannya. Penelitian ini disebut Penelitian Tindakan Sekolah. Berdasarkan temuan penelitian, pembinaan pengawas berpotensi meningkatkan kemampuan guru dalam membuat Modul Pengajaran Kurikulum Mandiri melalui pelatihan. Salah satu indikator keberhasilan penelitian tindakan sekolah adalah 100% guru sangat baik dalam membuat Modul Pengajaran Kurikulum Mandiri.

Published
2023-03-30