Penggunaan metode bermain dalam pembelajaran bola voli menggunakan bola gandu untuk meningkatkan keaktifan siswa sekolah dasar

  • Hayyi Alwi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Sumarno Sumarno Universitas Madani Indonesia
  • Indra Gunawan Pratama Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Kreativitas, Pendidikan Jasmani, Metode Bermain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode bermain dalam pembelajaran bola voli menggunakan bola gandu pada ke aktifan siswa di SDN Glagahsari 1. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode bermain dengan 2 siklus yang kegiatannya meliputi perencanaan, pelaksanaan,  pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada kelas 6 SDN Glagahsari 1, dengan 13 siswa putra dan 15 siswi putri. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari data siklus 1 hingga siklus 2. Dari data awal tingkat kesalahan siswa pada saat teknik bintang beralih data observasi awal siklus 1 terjadi kesalahan sebanyak 85,71% dengan kategori sedang, terjadi peningkatan sehingga siswa yang melakukan kesalahan menurun yaitu sebesar 42,86%. Sedangkan pada siklus 2 hanya 10,71%. Pada saat teknik tukar posisi data observasi awal pada siklus 1 terjadi kesalahan sebanyak 85,71% dengan kategori sedang, terjadi peningkatan sehingga siswa yang melakukan kesalahan menurun yaitu 50%. Sedangkan pada siklus 2 hanya 14,71%. Pada teknik berpasangan data observasi awal siklus 1 terjadi kesalahan sebanyak 32,14% dengan kategori sedang, terjadi peningkatan sehingga siswa yang melakukan kesalahan menurun yaitu 17,86% dan pada siklus 2 menjadi 10,71%.

 

Abstract: This study aims to analyze the effect of using the play method in learning volleyball using gandu balls on student activeness at SDN Glagahsari 1. This study uses the type of Classroom Action Research (PTK) using the play method with 2 cycles whose activities include planning, implementation, observation and reflection. This research was conducted in grade 6 SDN Glagahsari 1, with 13 male students and 15 female students. Data analysis in this study used qualitative data analysis which includes data reduction, data presentation, and data verification. The results of this study indicate an increase in learning outcomes from cycle 1 to cycle 2 data. From the initial data on the level of student errors when the star technique switched the initial observation data for cycle 1, there were 85.71% errors in the moderate category, there was an increase so that students who made mistakes decreased by 42.86%. While in cycle 2 only 10.71%. At the time of the technique of exchanging positions, the initial observation data in cycle 1 had an error of 85.71% with a moderate category, there was an increase so that students who made mistakes decreased by 50%. While in cycle 2 only 14.71%. In the pairing technique, the initial observation data in cycle 1 showed that there were 32.14% errors in the moderate category, there was an increase so that students who made mistakes decreased by 17.86% and in cycle 2 to 10.71%.

Published
2024-09-17