Pengembangan Strategi Clck (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) Guna Meningkatkan Kompetensi Dan Kinerja Guru Kelas Dalam Pembelajaran

  • Satupah Satupah SD Negeri Banjar Tanggul
Keywords: CLCK, Kompetensi Dan Kinerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan strategi clck (contoh, latihan, control, kerja mandiri). (2) Mendeskripsikan peningkatan kompetensi dan kinerja guru kelas dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan sekolah (PTS). Dari hasil pelaksanaan rangkaian penelitian tindakan sekolah ini, maka dapat diambil beberapa kesimpulan dasar, antara lain sebagai berikut : (1) Pengembangan strategi pembinaan model CLCK telah mampu meningkatkan dan kinerja guru kelas dalam pembelajaran SD Negeri Banjar Tanggul Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil yang dicapai menunjukkan indikasi kinerja pembelajaran yang dilakukan guru sudah baik, dimana pada siklus pertama menunjukkan rataan 69, 58 (Cukup) dan meningkat pada siklus kedua menjadi 79,25 (Baik). (2) Pengembangan strategi pembinaan model CLCK telah memberikan pengaruhnya terhadap peningkatan dan kinerja guru kelas dalam pembelajaran melalui: (a) Perbaikan sikap guru dalam pembelajaran (b) Peningkatan kemampuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran (c) Peningkatan kemampuan dan keterampilan guru dalam melakukan proses pembelajaran di kelas.

Published
2021-10-28