Pengembangan Media Scrapbook Materi Kebudayaan Indonesia untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Kelas IV SD
Abstract
Tujuan dari studi pengembangan ini ialah untuk menghasilkan scrapbook Kebudayaan Indonesia untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas IV SD. penelitian yang digunakan metode Researd and Development (R&D) model ADDIE. Tahap penelitian yang digunakan ada lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDI sebanyak 22 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu angket. Hasil dari validasi ahli media memperoleh nilai 97%, dengan kategori “valid”. Validasi dari ahli materi memperoleh nilai 88%, dengan kriteria “valid”, selanjutnya hasil validasi dari ahli Bahasa memperoleh nilai 90% dengan kriteria “valid”. Sedangkan peningkatan kemandirian siswa memperoleh hasil 85% dengan kriteria “sangat tinggi” dengan nilai N Gain 0,74 dengan kriteria “tinggi”. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan media scrapbook kebudayaan Indonesia dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas IV SDI Ma’arif Tawagsari Garum Kabupaten Blitar




