Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Sifat-Sifat Bunyi Melalui Model CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas IV

  • Catur Neny Widiyati SDN Selogudig Wetan IV Kec. Pajarakan
Keywords: Hasil Belajar IPA dan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa  setelah mengunakan media alat musik tradisional melalui model pembelajaran CTL (Contextual teaching Learning)  pada mata pelajaran  IPA pada materi sifat – sifat bunyi. Penelitian ini dilakukan dengan metode CTL (Contextual teaching Learning) yang dilakukan di kelas IV SDN Selogudig Wetan IV dengan jumlah siswa sebanyak 29. Tindakan yang mengunakan media  alat musik tradisional melalui model pembelajaran CTL (Contextual teaching Learning)  pada mata pelajaran  IPA. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Nilai rata-rata kelas pada Pra Siklus 68,67 kemudian meningkat pada siklus 1 yakni 78,33 dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 86,67 dapat dikatakan tindakan perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi sifat – sifat bunyi  melalui metode pengamatan pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Selogudig Wetan IV Kecamatan Pajarakan.

 

Published
2022-01-31